16 Juli 2010

Membuat postingan dengan read more

Tutorial blog kali ini adalah mengulas tentang cara menulis artikel dalam postingan yang mengandung read more.  Read more atau baca selengkapnya merupakan sebuah fitur blog yang dapat dipergunakan untuk memenggal postingan dalam sebuah halaman web blog.

Artikel atau tulisan  yang panjang dalam postingan bila ditampilkan secara menyeluruh bisa membuat pengunjung blog kurang nyaman karena harus memutar scroll mouse untuk melihat tulisan di bawahnya yang tidak terlihat.  Selain itu juga akan membebani loading blog. Dan yang penting yaitu penampilan halaman depan blog menjadi kurang rapih.  Maka dari itu diperlukan suatu penggalan artikel.

Artinya tulisan yang panjangnya sampai 100 meter (wakak ka ka) tidak harus ditampilkan secara keseluruhan melainkan harus dipotong.  Sehingga yang muncul di halaman depan hanya berupa penggalan kalimat yang terdiri atas satu atau dua kalimat saja. Sedangkan kelanjutannya dapat dilihat setelah pembaca mengklik tulisan read more (atau baca selengkapnya).

penggalan artikel

Dengan mengaktifkan fungsi read more pada saat membuat postingan, akan memberikan keuntungan bagi pemilik blog juga pengunjung blog.  Bagi pemilik blog selain hemat tempat, tidak memberatkan loading, juga membuat penampilan homepage lebih simple.

Mengenai cara membuat postingan agar muncul read more-nya, berikut ini tutorialnya:
1.    Setelah masuk blogger dilanjutkan dengan membuat postingan.
2.    Klik di bagian kalimat yang akan dipotong
3.    klik tombol seperti gambar di bawah ini :

klik tombol read more

4.    klik publish
5.    selesai

Catatan: Yang perlu diperhatikan adalah langkah nomor 2 dan no.3 bila sudah dilakukan maka kalimat atau paragraph menjadi terpenggal, ditandai dengan garis horizontal pada halaman tempat menulis postingan.

Untuk melihat hasilnya klik home (URL blog), jika berhasil maka tulisan read more akan muncul di akhir penggalan paragraph atau kalimat.
Selamat mencoba, silahkan bertanya bagi yang belum jelas.

1 komentar:

  1. salam kenal SObat :)

    Blognya saya follow yah, biar bisa update terus, jika berknan silahkan mampir dan follow juga, thx ^^

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.