08 November 2011

Cara Mengganti Alamat URL blog

Alamat URL adalah link yang mengarah kepada dimana asal tulisan itu berada. Ada dua macam alamat URL yaitu URL home page dan URL postingan. Karena blog ini menggunakan mesin blogspot maka dalam hal ini pembahasan dibatasi pada URL dalam lingkup blogspot saja, agar pemahaman kita tidak melebar kemana-mana yang akhirnya akan membuat kita bingung sendiri.

Alamat URL home page adalah URL induk dimana apabila pengunjung mengetikkannya di adress bar browser, terbuka seluruh artikel yang pernah ditulis di blog tersebut. Bentuk URL home page mempunyai susunan seperti ini; http://www.namablog.blogspot.com/ atau juga bisa ditulis http://namablog.blogspot.com/ (contohnya URL blog ini beralamat http://www.brugkembar.blogspot.com/ atau http://brugkembar.blogspot.com/). Secara default blogspot menampilkan postingan pada home page sebanyak 7 (tujuh) artikel. Tetapi ini juga bisa dikostumisasi pada setting jumah artikel yang akan ditampilkan. Pemilik blog dapat menambah ataupun mengurangi sesuai keinginan.

Sedangkan URL postingan yaitu URL anak, artinya URL yang berada di dalam URL induk. URL posting bentuknya seperti ini; http://namablog.blogspot.com/judul postingan.htm (misalnya; http://brugkembar.blogspot.com/mengganti-alamat-url-blogspot.htm). Dari susunan tersebut bisa diketahui bahwa judul postingan selalu berada setelah URL induk. Secara kasat mata jelas terlihat URL postingan lebih panjang dibanding URL home page.

Sampai di sini saya anggap anda sudah mulai paham apa itu alamat URL home page. Selanjutnya tutorial saya teruskan kepada pembahasan bagaimana cara mengganti alamat URL Blogspot. Tetapi sebelumnya ada baiknya anda pertimbangkan dulu apakah perlu atau tidak URL yang telah dibuat dengan susah payah harus diganti dengan alamat URL yang baru.

Mengganti Alamat URL Blogspot bisa berdampak kepada trafic yang pernah diraih, karena dengan mengganti URL maka URL blog kita yang telah tersebar dimana-mana secara otomatis tidak berlaku lagi. Pengunjung setia juga akan kehilangan, dan menjadi susah melacak keberadaan blog anda. Sehingga disarankan blog yang sudah berusia lama sebaiknya jangan diganti alamat URLnya. Saran saya lebih bijaksana jika anda membuat blog baru lagi, apa sih susahnya tidak sampai 10 menit jadi.

Tetapi apabila anda berkeras hati mau Mengganti Alamat URL silahkan ikuti terus langkah-demi langkah yang akan saya uraikan berikut ini :
1. masuk login blogger
2. klik tab settings
3. klik publishing
4. Pada Blog*spot address diganti dengan nama blog yang baru
5. Tulis kode verifikasi pada kotak word verification
6. Save settings
cara mengganti url blog

mengganti url blogspot

Apabila URL yang baru belum ada orang lain yang memiliki maka akan muncul pesan sukses, dan jika belum berhasil, ganti dengan nama lain sampai berhasil.
Demikian cara mengganti alamat url blog, semoga anda berhasil mengganti URL blogspot dengan nama yang baru.

14 komentar:

  1. Mantef ne infonya,sukses y...
    di tunggu komentar baliknya....trims...

    BalasHapus
  2. terus bagaimana cara mengganti URL posting? thx

    BalasHapus
  3. @Supardi, kalau URL blog diganti, secara otomatis URL posting ikut berubah pula.

    BalasHapus
  4. mau tannya mas, gmana cara buat "berlangganan artikel" yg ada di sidebar punya mas? udah daftar feedburner tapi bingung caranya gmana. itu pake code buatan sendiri ya mas? bagi codenya donk mas, pengen juga buat kayak gitu :)

    BalasHapus
  5. mas, kalau nama baru apa trafik menjadi baru juga?

    BalasHapus
  6. @Catatan Ardha , betul gan

    BalasHapus
  7. Rahma said23.1.12

    makasi bnyak ya atas infonya :)
    sangat membantu saya....

    BalasHapus
  8. mantep infonya gan..,pertamax.h.h.h.h

    BalasHapus
  9. Saya mau tanya, kalau kita posting lalu dalam postingan kita ingin mencatumkan Link yang bersangkutan dengan artikel kita, nah hagaimana mengganti Link tersebut dengan kata lain misal DISINI ketika kita jadi kata DISINI bisa diklik dan menuju asal Link, nah itu bagaimana caranya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Marchia Diandra ; mungkin maksud anda cara membuat link, contohnya begini:

      Kalau ingin melihat blog sekolahku KLIK DISINI


      Apabila mau ditulis dalam postingan, maka tulisannya begini:
      Kalau ingin melihat blog sekolahku <a href="http://www.smpnu2dukuhturi.com">KLIK DISINI</a>

      Hapus
  10. udah ngganti alamat blog,udah klik simpan,tapi kok habis itu ada keterangannya not available gitu yah??
    kenapa tuh??

    BalasHapus
  11. @ Orang Nggak Penting ; itu karena alamat tersebut sudah ada yang punya, coba ganti dengan yang lain.

    BalasHapus
  12. thank's infonya bro,lam kenal

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.