15 Juli 2010

Cara Mengganti icon address blogspot

ikon bloger

Mungkin bagi kalangan blogger yang sudah lama berkecimpung di blog, tulisan ini tidak ada artinya sama sekali tapi bagi yang masih pemula ini menjadi pelajaran yang sangat berguna.

Icon address adalah gambar kecil yang terletak disamping kiri url address web blog. Adalah suatu kebanggaan tersendiri apabila kita mempunyai icon addres hasil karya sendiri.

Gambar icon address pemberian blogger bukannya tidak dapat digantikan oleh icon milik kita sendiri, dan kalau itu dilakukan akan memberikan cirri khas dan kebanggaan tersendiri sehingga antara blog kita dengan blog lain ada perbedaan gambar iconnya.

Bagaimana cara membuat dan mengganti icon addres blog, silahkan ikuti penjelasan berikut ini:

Langkah pertama adalah anda harus menyiapkan gambar yang akan dijadikan icon addres URL blog.  Untuk membuatnya kamu bisa mempergunakan software grafis seperti corel draw, photoshop, photo paint dan sejenisnya, yang penting dapat dipergunakan untuk membuat gambar.  Bukan hanya gambar tetapi foto juga bisa dipergunakan untuk icon blog.  Gambar tersebut dapat berformat jpg, gif, png maupun ico.  Disarankan apabila mempergunakan gambar dengan format ico mengapa? Karena sebetulnya secara default blog lebih support dengan file gambar yang berekstensi ico. Tapi kalau saya sendiri lebih suka dengan image yang berekstensi gif atau png, alasannya karena disamping ukuran file png maupun gif relative kecil juga sangat mendukung untuk gambar-gambar yang membutuhkan transparansi.

File jpg diperuntukkan buat gambar yang membutuhkan kehalusan warna, seperti foto misalnya. Gambar jpg tidak mendukung transparansi sehingga apabila dijadikan icon address suatu blog akan terlihat background warna putih.  Apabila kamu mempergunakan firefox sebagai browser kamu dapat melihat background di sekeliling icon address pada address bar yang berwarna coklat susu, sehingga jika dipasang gambar jpg dengan background putih akan kelihatan sekali batasnya.

Baiklah sudah saya tulis secara panjang lebar sampai capek ngetiknya, mudah-mudahan kamu sudah mengerti tentang apa itu icon address. Untuk selanjutnya marilah kita mulai praktek tentang cara mengganti icon address pada blog khususnya yang berplatform blogspot.

Perhatikan gambar di bawah ini

Ini gambar icon address sebelum diganti :

icon address_1

Dan ini gambar icon address sesudah diganti :
icon address_2

Langkah persiapan:
  • buat gambar berukuran 16x16px
  • upload gambar tersebut ke hosting (google site, atau yang lain)
  • copy url gambar yang telah diupload
  • paste di notpad atau word, dan simpan biar tidak lupa kodenya.

Langkah mengganti icon blog :
Mengenai caranya silahkan ikuti langkah berikut ini :
1.    login ke blogger (masukkan email & password)
2.    design
3.    edit html
4.    cari kode </head>
5.    pasang kode ini di atasnya :
<link href='http://sites.google.com/site/brugholic/icnbrug.gif' rel='SHORTCUT ICON'/>

sehingga susunannya menjadi seperti ini :

<link href='http://sites.google.com/site/brugholic/icnbrug.gif' rel='SHORTCUT ICON'/></head>

6. klik save

Catatan : kode yang berwarna merah adalah kode url gambar milik saya yang tersimpan di hosting, Kode itu hanya contoh saja saya tidak menyarankan anda untuk memakai kode itu.

Ok begitu saja tutorial tentang cara mengganti icon address blogspot, selamat menikmati tampilan blog dengan icon address buatan sendiri.

5 komentar:

  1. wah....bs nih,mksih infonya mas.....

    BalasHapus
  2. Betul sekali,saya termasuk masih baru otak atik blog,meski buat dah setahun tp g di tengok2,baru sebulan ini agak rajin cari2 info seputar blog,blog sy masih jelek tampilannya,moga bs di bantuhehehe.. tnk's infonya.

    BalasHapus
  3. . Siph, Swangar...

    BalasHapus
  4. @:::Re_Vengeance:::, simak baik-baik tutorialnya pasti jadi.

    @Aconz Tips, @Aguy Rspd,ayu; terima kasih keep bloging thanks.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.