16 Mei 2010

Menggabungkan beberapa foto jadi gambar panorama

menggabungkan gambar
Dalam urusan desain grafis tidak terlepas dari apa yang namanya foto atau gambar/image. Baik gambar yang yang berkstensi gif , png maupun jpg dan semua file lainnya
yang mendefinisikan sebuah gambar. Terkadang gambar yang diambil dari bidikan kamera tidak pas untuk diterapkan pada desain grafis yang sedang kita kerjakan. Seperti misalnya saya ilustrasikan ketika hendak membuat brosur, spanduk atau yang lainnya biasanya diperlukan beberapa gambar untuk dipasang diantara teks iklan. Foto-foto itu bila ditempatkan begitu saja tanpa sentuhan artistik akan teelihat kaku. Dengan menggunakan teknik penggabungan foto, akan memberikan warna tersendiri dan menjadikan brosur, spanduk akan terlihat lebih menarik. Teknik ini juga dapat diterapkan pada desain template sebuah halaman web. Tentu saja bagi yang gemar mengutak-atik gambar untuk dipasang di webblog mereka.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi ilmu bagi anda tentang bagaimana cara menggabungkan beberapa foto sehingga menjadi gambar panorama. Penggabungan ini bisa dilakukan secara horizontal maupun vertikal. Sebetulnya banyak tersedia di jagat ini software yang bisa digunakan untuk menggabungkan foto, namun pada kali ini saya mempergunakan software dengan nama Arcsoft Panorama Maker v3.1. untuk mendapatkan software tersebut tidaklah sulit silahkan anda googling sendiri. Atau biar lebih cepat saya sarankan anda pergi ke www.4shared.com dan cari dengan kata kunci Arcsoft Panorama Maker v3.1 pasti ketemu.

Bila anda sudah mempunyai softwarenya dan ingin belajar cara menggabungkan beberapa foto menjadi gambar panorama ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. jalankan Arcsoft Panorama Maker v3.1
2. klik start
3. klik next
4. klik Add
5. klik beberapa foto yang akan digabungkan
6. klik open
7. klik fotonya kemudian klik include
8. lakukan langkah no.7 untuk foto lainnya
9. klik next dan tunggu proses
10. klik finish
11. save dan beri nama file
12. selesai

catatan :
Foto yang akan digabungkan harus memiliki ukuran panjang, lebar, dimensi serta resolusi yang sama, bila tidak maka anda akan mengalami kerepotan yang tiada kunjung henti.
Sekian, selamat berkreasi.

1 komentar:

  1. "harus memiliki ukuran panjang, lebar, dimensi serta resolusi yang sama"
    Berarti harus diedit dulu semuanya biar sama, baru setelah itu digabungkan ya... boleh dicoba nih...
    o...iya.. trims sudah berkunjung diblogku yang sederhana maklum sesuai judulnya ha..ha..
    Salam Sukses Selalu juga ya.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.