11 Februari 2011

Cara melihat tampilan halaman blog secara penuh

Keterbatasan luas layar monitor membuat apa yang ditampilkannya menjadi terlihat kecil. Apalagi monitor keluaran sekarang memiliki resolusi tinggi meskipun ukuran layarnya kecil. Contohnya monitor 15 inchi memiliki resolusi bisa mencapai 1152 x 864 px, yang mana dia mampu menghasilkan gambar lebih luas namun kecil.

Karena terbatasnya luas monitor tersebut maka template blog yang dibuat harus menyesuaikan lebar layar. Dan content blog akan menempatinya dengan urutan secara vertical dari atas ke bawah atau dari header sampai footer.

Bila artikel suatu halaman blog sangat panjang, maka di sisi kanan layar monitor secara otomatis akan muncul scroll yang berfungsi untuk menggulung layar sehingga tulisan yang berada di bawah menjadi kelihatan apabila scrollnya diputer.

Dalam mendesain web atau blog, fungsi tombol preview menjadi sangat penting untuk memastikan apakah sudah sesuai dengan desain yang kita inginkan apa belum, sebelum memutuskan untuk menyimpannya atau save.

Ada tips menarik dan ini merupakan pengetahuan baru bagiku (maklum… GAPTEK neh), yaitu kita dapat melihat halaman blog secara utuh atau full. Seluruh elemen blog terlihat semua dari ujung atas sampai ujung bawah, dari ujung wetan sampai ujung kulon.

blogfull

Awalnya sih ini aku enggak sengaja maenan scroll mouse sambil menekan tombol ctrl. Eh ternyata yang terjadi malah blog menjadi tampil secara utuh atau full. Nah dari situ akhirnya saya berkesimpulan bahwa untuk menampilkan halaman blog secara penuh adalah dengan menggunakan rumus :
Tekan tombol Ctrl sambil memutar scroll mouse

Belum reda rasa gembiraku kini muncul masalah baru, yaitu tidak tau cara mengembalikannya seperti semula. Berbagai cara dilakukan setelah kurang lebih setengah jam kemudian terpecahkan pula cara mengembalikan pada kondisi semula.
Berikut ini caranya :
  1. klik View
  2. sorot Zoom
  3. pilih reset

blogfull-reset

Perlu anda ketahui bahwa aksi ini dilakukan pada computer dengan spesifikasi memakai system Windows XP2 dengan browser mozilla Firefox. Sedangkan untuk yang lain saya belum pernah mencoba.

Demikian tips ringan untuk melihat tampilan halaman blog secara full mudah-mudahan dapat menambah wawasan bagi anda.

4 komentar:

  1. Untuk zoom in out ya sob..

    BalasHapus
  2. @anak betawi, betul sekali mas

    BalasHapus
  3. untuk mengembalikan sepeti tampilan 100% dapat di tekan Ctrl+0 (angka nol)

    BalasHapus
  4. kirain tampilan blog yg pke HMTL

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.