29 Januari 2011

Keteraturan dalam meng-update posting

Perlu diketahui bahwa mesin pencari lebih menyukai blog yang mempunyai Keteraturan dalam meng-update postingannya. Artinya diusahakan dalam satu minggu minimal ada dua judul tulisan yang terposting.  Ini akan memperkuat posisi blog di dalam persaingan untuk mendapatkan peringkat tertinggi. Selain itu tentu saja harus didukung dengan jurus-jurus SEO lainnya.

Sebenarnya malu juga sih aku menulis artikel ini karena bila dibandingkan dengan blog-blog senior, blog brugkembar belum ada apa-apanya. Bukanlah tanpa dasar aku menulis postingan ini, kenyataan yang dialami blog brugkembar setelah diamati ternyata semakin sering update posting maka semakin cepat terindex google.

Pada Alexa rank pun demikian bila kita jarang mengupdate blog akan berakibat bertambahnya angka dalam Alexa rank, yang artinya rangking blog menjadi semakin menurun.

Atas dasar itulah sehingga saya berkesimpulan bahwa blog yang baik adalah blog yang memiliki keteraturan dalam meng-update postingannya.

Penyebab dari ketidak teraturan update blog bisa bermacam-macam, diantaranya :
  1. malas mengetik
  2. kesibukan urusan lain
  3. kehabisan bahan untuk posting artikel
  4. tidak punya bahan sama sekali untuk posting
  5. gangguan teknis terhadap piranti internet
  6. dan lain-lain.

Ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang blogger berarti harus siap memelihara blog kalau ingin mendapatkan top rank. Perlakukan blog menjadi bagian dari diri kita sendiri. (Red: itu hanya pendapat pribadi, anda boleh menyangkal pendapat ini).

Lantas bagaimana kalau sudah terlanjur blog tidak teratur dalam updatenya?
Ini bisa disiasati dengan mengoptimalkan schedule posting. Apa sih Schedule posting itu?
Schedule posting adalah postingan dengan setting custom. Tanggal dan waktu posting dapat kita atur sesuai keinginan kita. Sehingga ini sangat efektif bila digunakan untuk melengkapi kekosongan posting di masa-masa yang lampau.

Satu hal yang wajib anda ketahui sebelum menggunakan fasilitas Schedule posting ini harus dicek dulu tanggal berapa yang belum ada postingannya.  Ini bisa dilihat pada daftar postingan yang sudah dipublish.
Untuk melihatnya, ikuti langkah ini :
  • login blogger
  • klik Edit Posts (pada halaman dashboard)
Sedangkan untuk membuat postingan custom Schedule posting, caranya :
  1. bikin postingan seperti biasa
  2. klik Post Options (berada di bawah posting area)
  3. klik Scheduled at
  4. atur tanggalnya (ganti dengan tanggal yang belum ada dalam daftar posting)
  5. dan yang terakhir PUBLISH POST
Dengan cara ini maka postingan akan terpublish tidak muncul di halaman utama melainkan akan secara otomtis menempati urutan berdasarkan kalender. Secara default Urutan posting blog paling atas adalah postingan terakhir dan urutan terbawah adalah postingan yang dibuat pertama kali alias postingan lama.  Artinya kalau hari ini anda mempublish post maka akan muncul di paling atas dalam daftar posting blog.

Dengan begitu meskipun kita jarang online tetapi memilki blog yang seolah-olah update setiap hari.

2 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.