18 Oktober 2010

Cara Mengatur Daftar Link pada LinkList Blogger

Gadget linklis blogger sangat membantu kita dalam menambah tautan yang menuju ke alamat URL.  Linklist juga dapat berfungsi sebagai navigasi menuju ke alamat postingan tertentu. Sehingga hampir semua pemilik blog memanfaatkan Gadget yang satu ini.

Seiring dengan kemunculan new template designer blogger, linklist makin dirasakan manfaatnya. Apalagi template designer telah menyediakan ruang khusus di header bagian bawah, dimana Linklis bisa ditempatkan di sana.

mengatur_linklist
Dalam Tutorial kali ini Saya beranggapan bahwa anda sudah memasang Linklist pada Blog anda, sehingga saya tidak perlu menjelaskan perihal Linklist dari nol.

mengatur_linklist_blogger

Ketika menambah link di kolom yang disediakan, disana ada beberapa menu untuk mengatur tata urutan link.
Pilihan itu meliputi :
1.    Don’t sort (Tidak urut)
2.    Sort Alphabetically (Urut Abjad)
3.    Sort Reverse Alphabetically(Urut Kebalikan Abjad)

Pada pilihan no 1. Link yang tersusun tidak akan diurutkan berdasarkan abjad maupun kebalikan abjad.  Pilihan no 2 Link yang tersusun akan diurutkan berdasarkan abjad (A-Z).  Sedangkan no.3 Link yang tersusun akan diurutkan berdasarkan kebalikan abjad (Z-A).

Selain cara diatas masih ada cara lain yang lebih jitu, dan mungkin belum banyak orang yang tau akan cara ini. 
Rahasianya adalah gambar tanda panah keatas, letaknya di sebelah kanan tulisan Edit Delete.  Gambarnya sangat tidak jelas sehingga banyak dilupakan orang, padahal khasiatnya sangat mujarab (obat kali ye..).

cara mengatur_linklist

Dengan mengklik tanda panah tersebut kita dapat mengatur daftar link sesuai keinginan kita tanpa harus nuruti aturan siapapun.

Demikianlah sekelumit  informasi tentang cara mengatur daftar link pada LinkList Blogger, mudah-mudahan berguna bagi kita semua, amien.

3 komentar:

  1. Hay gan...apa kabar blog walking gan..blog baru ane..

    BalasHapus
  2. visit back mas di blog baru saya!

    BalasHapus
  3. @ Everything™ZM, sudah kutengok, bagus blognya

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.