19 Oktober 2010

Mengompres Gambar dengan Microsoft Office Picture Manager

Gambar merupakan penegas dalam penyampaian informasi sehingga kabar yang disampaikan akan mudah diterima oleh siapa saja yang melihatnya.  Dengan gambar mampu mewakili kata-kata yang sulit untuk diterjemahkan dalam kalimat.  Dalam dunia informasi selain teks, gambar juga sangat dibutuhkan.  Terutama pada media internet, website atau blog juga memerlukan gambar. Selain sebagai illustrator, gambar juga berfungsi sebagai pemanis penampilan suatu media. Tetapi kadang kita sebagai praktisi internet sering melupakan dampak buruk terhadap loading blog.

Apalah artinya bila banyak gambar terpampang dalam blog tetapi loading menjadi lama.  Tentu ini bukan harapan kita semua.  Jalan keluarnya untuk mengatasi semua itu, sebelum kita menempel gambar di halaman web harus dikompres dulu, sehingga file menjadi lebih kecil ukurannya.

Namun perlu diperhatikan di dalam mengompres gambar juga tidak boleh melupakan kualitas gambar.  Tentu kita menginginkan gambar dengan kualitas baik tapi ukuran file-nya kecil.

Banyak software pengompres gambar tersebar di internet, mau yang model apa tinggal browsing-install-pakai selesai.

Selain di internet sebenarnya kalau anda termasuk user yang menggunakan ms.office 2007, di sana tersedia aplikasi pengompres gambar yang bagus dan mudah untuk digunakan.  Nama aplikasi tersebut adalah Microsoft Office Picture Manager. Saya mengguanakan Microsoft Office Picture Manager dalam mengompres gambar untuk keperluan posting blog.

Kemampuan compressnya tidak bisa dianggap remeh, karena di dalam Microsoft Office Picture Manager  terdapat 2 fitur hebat yang berguna banget bagi praktisi web blog.  dua fitur tersebut adalah :
  1. Compress picture web pages, dan
  2. Compress picture e-mail messages

Bila anda ingin menjajal kemampuan Microsoft Office Picture Manager, begini caranya:
  1. Buka Aplikasinya (Start-->MS.Ofiice-->MS.Office Tools--> Microsoft Office Picture Manager)
  2. Buka gambar yang akan dikompres
  3. Klik Edit Picture
  4. lalu Klik Compress picture

    Microsoft Office Picture Manager_1
  5. Kemudian klik Web pages

    Microsoft Office Picture Manager_2
  6. dan Klik OK

    Microsoft Office Picture Manager_3
  7. jangan lupa klik Save

Gambar yang telah dikompres kini siap untuk diupload.
Semoga informasi ini berguna, Thanks.

2 komentar:

  1. Fasilitas di Windows OS sebenarnya sdh cukup mumpuni..apalgi M. Office-nya.. tpi terkadang kita memang perlu software tersendiri utk melakukan fungsi tertentu ya.. :)

    btw tuh udah bisa buat Google custom search-nya.. tnang sj tdk melanggar TOS kok.. ;)

    oh iya gw sdh FOLLOW ats nama WONG.. follow balik ya..

    BalasHapus
  2. @Andi Wong, betul sekali sob ms.office saja sudah cukup membantu pekerjaan kita. makasih jawaban and follow-nya ditunggu saja follow balik dari saya.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.