11 Juli 2010

Menambahkan scroll pada follower

widget follower
Popularitas sebuah web blog dapat diketahui melalui banyaknya pengikut yang memfollow blog tersebut. Semakin banyak follower menandakan bahwa blog tersebut telah dapat menarik simpatik dari pengunjungnya.

Banyak factor yang mempengaruhi perkembangan jumlah follower, diantaranya yang paling utama menurut saya adalah kontennya yang menarik, kemudian tampilannya ok serta loadingnya cepat. Bila blog anda termasuk dalam kategori seperti yang saya sebutkan tadi maka tidak perlu pikir panjang lagi untuk memfolow blog anda.

Banyaknya follower dalam blog kita ternyata mempunyai efek samping yang sangat perlu segera ditangani. Karena tampilan dalam kotak follower itu berupa gambar dalam format image maka akan membebani proses loading blog itu sendiri. Selain itu juga semakin banyaknya follower akan memakan banyak tempat , sehingga desain blog yang sebelumnya sudah tersusun rapi menjadi berubah dan kurang menarik.

Berdasarkan pengalaman saya, dengan berubahnya tampilan follower blogger menjadi Follow with Google Friend Connect, ada sedikit masalah dalam tampilan blog ini. Masalah tersebut yaitu ketika loading terjadi kemelorotan pada tampilan follower itu. Kalau diperhatikan seperti karet yang ditarik menjadi mulur dan kemudian balik lagi.

Saya coba telusuri mungkin ada kode dalam template yang salah dan coba membandingkan dengan blog saya yang lain ternyata tidak ada masalah dalam kodenya. Akhirnya muncul inspirasi bagaimana kalau seandainya follower itu dikasih scroll, mungkinkah?...

Eksperimenpun dilakukan dengan perasaan harap-harap cemas. Dan berikut tahapan dalam eksperimen menambahkan scroll pada follower, yuk kita ikuti:

Sebelum mengedit html saya sarankan untuk mendownload template dulu untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan.

1. Pada edit HTML cari kode seperti berikut:
<b:widget id='Followers1' locked='false' title='Pengikut' type='Followers'/>
2. Cari kode ]]></b:skin> , tambahkan kode css dibawah ini tepat di atasnya
# Followers1 .widget-content{
height:200px; /* Tinggi yang diinginkan */
width:auto; overflow:auto;}

Sehingga susunannya menjadi seperti ini:
# Followers1 .widget-content{
height:200px; /* Tinggi yang diinginkan */
width:auto; overflow:auto;}
]]></b:skin>

3. Save / simpan

Hasilnya bisa dilihat seperti pada bagian kanan bawah blog ini (kalau belum dipindah/dihapus)

Penambahan scroll pada follower ternyata mempunyai dua manfaat yang sudah saya rasakan yaitu :
  1. tampilan blog menjadi lebih rapih
  2. menghemat tempat, berapapun banyaknya follower akan tertampung semua dalam kotak scroll yang mungil.
Demikian tadi tips tentang menambah scroll pada follower, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua.

1 komentar:

  1. wah.. nambah ilmu lgy nih.. thanks ya sob.. infonya...

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.