26 December 2009

Bahan Menyusun Makalah / Skripsi / Tugas Akhir "Pancasila"

Artikel ini sengaja aku posting dengan tujuan untuk membantu para mahasiswa yang sedang mencari bahan untuk menyusun makalah, tugas akhir skripsi maupun karya ilmiah lainnya. Semoga dapat membantu.

BAB IPENDAHULUAN
Pancasila adalah dasar filsafat Negara Republik Indonesia yang secara resmi disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 dan tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, diundangkan dalam Berita Republik Indonesia tahun II No.7 bersama-sama dengan batang tubuh UUD 1945.

Dalam perjalanan sejarah seksistensi Pancasila sebagai dasar filsafat Negara Republik Indonesia mengalami berbagai macam interpretasi dan manipulasi politik sesuai dengan kepentingan penguasa demi kokoh dan tegaknya kekuasaan yang berlindung di balik legitimasi ideologi Negara Pancasila. Dengan lain perkataan dalam kedudukan yang seperti ini Pancasila tidak lagi diletakkan sebagai dasar filsafat serta pandangan hidup bangsa dan Negara Indonesia melainkan direduksi, dibatasi, dan dimanipulasi demi kepentingan politik penguasa pada saat itu.

Untuk mendapatkan artikel yang lebih lengkap silahkan klik disini

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.