11 Januari 2011

Hati-hati copas artikel blog orang lain

Beberapa waktu yang lalu saya coba berkelana sambil ngecek beberapa artikel yang pernah saya tulis.  Saya coba masukkan keyword milikku ternyata ada yang nyangkut di atap rumah mbah google.

Lumayanlah walau Cuma nangkring di posisi keduax pada halaman pertamax (hehe.. niru gayanya para master yang suka usil ketika memberi komentar). Saya bukanlah ahli SEO makanya tidak terlalu berharap dapat rangking satu karena ilmunya masih cetek bila dibanding dengan para jawara blog yang sudah lama malang melintang di dunia persilatan.

anti-copas
Lho koq malah ngawur, padahal niatku mau nulis artikel tentang copas artikel blog orang.
Yah.. ada rasa sebel juga sih mikirin artikel yang dicopas orang. Udah capek-capek mikir sampai lupa rokok enggak ke-isep eh setelah jadi mereka main copas aja tanpa melalui ijin terlebih dahulu.

Berbicara mengenai copas artikel blog orang, sobat musti hati-hati lho… jangan asal copas. Dibaca dulu artikelnya dari awal sampai akhir sebelum memutuskan untuk mengcopas.  Pelajari materi yang terkandung di dalamnya siapa tau ada yang salah, baik itu penulisan, ejaan maupun kalimatnya. Bahkan yang lebih parah lagi bila artikel yang dicopas mengandung informasi yang salah, pasti akan berdampak buruk bagi kita semua.

Berbagi sedikit pengalaman tentang kejadian yang menimpa pada blogku ternyata ada beberapa artikel milik saya yang dicopas dan diposting sama persis di blog lain. Ambil contoh satu artikel kebanggaan saya yakni artikel yang berjudul “Membongkar Kunci Piano dan Orgen Tunggal”, ada yang mengcopas letterbook tanpa diedit secuilpun. Tidak usah saya sebutkan siapa yang mengcopasnya, yang pasti ada.

Suatu ketika ada teman blogger yang berkunjung ke “Membongkar Kunci Piano dan Orgen Tunggal” dan memberi komentar. Dari komentarnya ternyata beliau menemukan ada kesalahan dalam penulisan artikel yang pernah saya buat.  Selidik punya selidik ternyata benar pada paragraph tertentu ada kalimat yang salah.  Lalu segera ku-ralat artikel tadi.

Persoalan belum selesai sampai disini, dalam hati saya berfikir berarti mereka yang mengcopas artikel juga memposting tulisan yang salah.  Apa jadinya jika ada pengunjung lain yang membacanya pasti akan mendapatkan pengetahuan yang salah. Kalau begini jadinya apa aku ikut salah karena artikel itu saya yang membuatnya.

Wallahu alam… Allah maha tau segalanya, siapa yang benar dan siapa yang salah. Yang jelas kesalahan itu tidaklah disengaja.

Nah dari kejadian itu ada hikmah yang dapat kita ambil, yaitu agar kita hati-hati di dalam memposting artikel.  Apalah artinya jika punya banyak artikel tetapi bukan merupakan buah fikiran sendiri. Belum lagi bila artikel yang dicopas adalah artikel yang salah, maka itu sama saja dengan menyebarkan kesalahan.  Tentu bukan pahala yang kita gapai tetapi dosa yang bakal kita dapat.
Semoga anda bukan tergolong orang-orang yang suka mengcopas artikel blog lain.

2 komentar:

  1. hahah gan saya juga sering mengalami tuh ,, sampai-sampai saya tegur blog yang mencopas artikel saya , dan juga saya promosikan blog dia di salah satu posting saya heuhue

    BalasHapus
  2. @tutorial blog, setuju sob biar kena batunya si tukang copas artikel

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.