07 Januari 2011

Alternatif membuat Gallery Album di blog

Membuat gallery album di blog gampang-gampang susah, susahnya karena harus memasang link image satu persatu. Masih mending kalau hanya tiga atau empat foto saja. Bila mau menampilkan banyak foto semisal sampai puluhan jumlahnya betapa pegalnya tangan kita, belum lagi mesti menghafal link gambar yang akan dipasang tentu akan membuat mata kita sakit.

Memang sih banyak penyedia jasa pembuatan gallery foto di internet yang gratisan, tapi sebelumnya kita disuruh ndaftar dulu jadi member mereka. Kalau itu dituruti maka akan menambah panjang deretan akun kita yang tercecer di mana-mana.

Pengalamanku ketika membuat gallery  foto dengan jumlah foto 20 buah ke dalam posting tanpa bantuan jasa online sungguh sangat melelahkan, tetapi hasil yang di dapat tidaklah mengecewakan.

Dari kejadian tersebut sempat membuat aku bosan dan kapok tidak mau lagi membuat album gallery.

Jika anda tidak mau repot-repot dalam membuat gallery album, ada alternative lain yang cukup relevan bila diterapkan di dalam posting, yaitu dengan memanfaatkan jasa picasa web album.  Seluruh foto diupload dulu ke picasa dan dikelompokkan dalam satu album kemudian copy linknya.


Mungkin sobat blogger sudah tau istilah iframe, yaitu menampilkan situs lain ke dalam halaman blog kita.  Teknik inilah yang akan kita gunakan sebagai alternative dalam menampilkan album dari picasa.

Begini caranya :
1.    Buat postingan seperti basa tetapi dalam format HTML bukan Compose
2.    Masukkan kode ini di dalam postingan :
<iframe align="center" frameborder="yes" height="250px" name="frame1" scrolling="auto" src="LINK ALBUM PICASA ANDA" style="border: 1px solid #f5f5f5;" width="250px"></iframe>
3.    Publish

Sebagai contoh di postingan ini kodenya seperti ini
<iframe align="center" frameborder="yes" height="300px" name="frame1" scrolling="auto" src="http://picasaweb.google.com/reyhandi/GuruSmpi?feat=embedwebsite#" style="border: 1px solid #f5f5f5;" width="580px"></iframe>

Maka hasilnya kurang lebih seperti di bawah ini :

3 komentar:

  1. Anonim7.1.11

    koq albumnya gk keluar...

    BalasHapus
  2. Tergantung koneksi internetnya brow...
    kalau koneksi kurang stabil tidak keluar gambar

    BalasHapus
  3. thanks postingnya,,
    sangat bergunak^_^

    coba ach^_^

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.