20 Desember 2010

Mendaftar sitemap blog di yahoo.com

Sitemap dalam pengertian menurut kamus terdapat dua frase yakni site dan map. Site seperti yang kita ketahui selama ini adalah berupa situs web blog. Sedangkan map itu sendiri ialah peta. Dua suku kata ini apabila digabungkan menjadi sitemap yang mempunyai pengertian kurang lebih : peta situs. Maksudnya adalah sebuah sistem yang diletakkan ke dalam template blog yang bertujuanuntuk memberikan sinyal atau petunjuk bagi robot perayap (search engine) bahwa tengah ada kontent di suatu website tertentu.

Dengan sitemap ini sebuah kontent dari sebuah blog akan sangat mudah dilacak oleh search engine, yang akhirnya ketika ada yang mencari dengan mengetikkan keyword di browser akan lebih cepat tertuju kepada kontent blog itu. Tentu ini menjadi harapan semua blogger yang menginginkan rnenjadikan blognya menduduki rangking atas di mesin pencari.

Dari uraian di atas sangat jelas bahwa keberadaan sitemap di sebuah blog itu perlu. Maka dari itu saya sarankan buat sobat blogger bila ingin blognya mudah dideteksi google atau yahoo harus dipasangi sitemap.

Kita bisa mendaftarkan sitemap ini ke semua search engine yang ada di internet. Namun kali ini topik pembahasan kita terfokus pada  bagaimana cara memasang sitemap yahoo ke dalam template html blog kita.

Karena disini kita akan menggunakan jasa yahoo maka langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah mempunyai account yahoo terlebih dahulu, serta mendaftarkan situs sobat ke search engine yahoo. Mengenai cara mendaftarkan situs ke yahoo bisa dilihat pada artikel saya dulu Cara Mendaftarkan Situs di Yahoo

Kalau sobat sudah mendaftarkan situs di yahoo selanjutnya adalah mendaftarkan sitemap blog di yahoo.
Caranva adalah sebagai berikut :

1. Menuju halaman Yahoo Site Explorer
2. Login dengan menggunakan ID yahoo, kalau belum punya ndaftar dulu.
3. Akan muncul deretan Blog anda tang telah didaftarkan di yahoo
sitemapyahoo1
4. klik URL blog yang mau didaftarkan sitemapnya

 sitemapyahoo2
5. klik feeds.
6. Pada halaman berikutnya, masukkan sitemap atau feed blog Anda pada input yang tersedia. Bagi Anda pengguna Wordpress, Ada bisa memasukkan sitemap.xml ataupun feed. Jika Anda pengguna blogger atau blogspot, Anda bisa memasukkan feeds/posts/default atau feeds/posts/default?alt=rss.

 sitemapyahoo3

7. Terakhir klik tombol Add Feed
Meskipun kita sudah berhasil mendaftarkan situs dan sitemap blog ke search engine yahoo, bukan berarti rangking blog akan naik secara drastic dalam waktu yang cepat. Mendaftarkan situs dan sitemap bukantah satu-satunya cara untuk menjadikan blog di posisi top rangking. Teknik tadi hanyalah salah satu cara saja untuk mewujudkan itu semua.

Setidaknya kita telah berusaha untuk memperkuat posisi blog. Yang terpenting adalah keteraturan dan konsistensi sobat dalam memelihara blog melalui postingan-postingan yang unik tidak asal copas, karena search engine lebih menyukai situs yang update-nya teratur.
Semoga tulisan ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.