12 September 2010

Berbagai Versi Windows Vista

Dalam Tutorial computer kali ini saya mencoba berbagi informasi kepada pembaca sekalian tentang versi dalam Windows Vista, setelah sebelumnya saya sudah postingkan Langkah-langkah menginstal windows vista. Versi vista sebenarnya tidak sebanyak versi XP. Memang Vista hadir dengan lima versi, dan mungkin kamu telah mengetahui kelima versi Vista ini.

Dari kelima versi ini hadir dengan dua versi utama, yaitu versi 32 bit dan 64 bit. Dua versi ini memang sangat dibedakan untuk mensuport mesin yang berbeda pula. Saat ini yang paling banyak digunakan adalah versi 32 bit. Hal ini dikarenakan mesin yang berjalan pada base 64 bit masih belum banyak ditambah harganya yang relatif lebih mahal.

Sementara pembagian sub kategori Vista ada 5, yaitu :

1. Vista Home Basic
2. Vista Home Premium
3. Vista Business
4. Vista Enterprise
5. Vista Ultimate
Dari versi Vista diatas, Vista Ultimate lah yang mensuport banyak fitur pada Vista seperti adanya Parental Controls, Windows Movie Maker, Theme Slide Shows, Windows Media Center, Windows DVD Maker, Windows Aero User Interface, Network Projection, Windows Meeting Space, dan lain sebagainya. Tapi, harga versi ini memang lebih mahal dari semuanya.
Kamu tentu pernah mendengar istilah Vista Starter Editions, yang biasanya dibundel saat pembelian PC atau notebook. Vista Starter Editions ini memang dirancang untuk menjalankan sistem komputer dengan minimal hardware requirment. Harga Vista Starter edition ini memang jauh lebih murah, karena merupakan versi basic dari Vista dan tidak bisa memaksimalkan mesin hardware.

Selanjutnya tentang versi 32 bit dan 64 bit. Microsoft dengan Vista telah merancang penggunaan sistem operasi yang bekerja untuk sistem 64 bit. Tapi perlu diketahui, bahwa versi 32 bit dan 64 bit ini mempunyai perbedaan yang cukup signifikan, baik dari kemampuannya dan kecepatan akses sistem operasi itu sendiri. Yah, cuma untuk sistem 64 bit harganya masih dibilang mahal.

Mungkin belum banyak yang mengetahui kemampuan dari versi 64 bit dimana sistem ini mampu mensuport penggunaan RAM hingga 128GB. Mungkin belum bisa dibayangkan penggunaan RAM yang sebesar itu, karena selama ini kita hanya mendengar penggunaan RAM maksimal 8GB saja. Memang untuk Vista 32 bit hanya mensuport penggunaan RAM maksimal 8GB. Sedang vista Basic 64 bit saja mampu menghandle RAM maksimal 8GB, yang artinya kemampuan Vista Basic 64 bit ini setara dengan kemampuan maksimal 32 bit versi Ultimate.

Dari sedikit gambaran diatas, bisa dijadikan pertimbangan untuk penggunaan teknologi base 64 bit mempunyai kemampuan yang cukup fantastis, apalagi sekarang telah banyak perangkat yang telah mensuport penggunaan teknologi 64 bit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.