12 Mei 2010

Meng-instalasi huruf arabic di win XP

Di dalam cd master windows XP sebenarnya sudah ada aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetik huruf arab. Kenapa komputer yang baru diinstal tidak dapat digunakan untuk mengetik font arab.
Hal itu dikarenakan ketika kita menginstal win XP dihadapkan dengan dua pilihan yaitu custom dan typical.  Memang XP merekomendasikan kita untuk memilih typical karena dengan memilih typical performa win XP menjadi berjalan optimum. Namun bukan berarti kita tidak boleh memilih custom, buktinya disitu disediakan pilihan custom yang memungkinkan kita bebas memasang fitur-fitur bawaan windows tersebut. Berkaitan dengan pengetikan huruf arab seperti dalam pembahasan kita kali ini, maka pilihan typical harus kita tinggalkan dan beralih memilih custom.
Agar windows XP dapat menampilkan huruf arab terutama dalam pemakaiannya di MS Word, ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan yaitu :
1. Siapkan CD master Microsoft Windows XP Profesional SP2.
2. Buka menu Control Panel pada Start menu dan kemudian Buka menu regional and Language Options. Pilih menu languages, pada Suplemental language support, centang Install files for complex script and right-to-left languages (including Thai)
3. Centang juga Instal files for east Asian languages, untuk menambah encoding huruf asia lain yang mungkin juga anda perlukan.
4. Klik apply, pada opsi ini masukan cd Windows SP 2 anda, dan browse file yang diperlukan untuk instalasi font arabic ini, letak file di dalam folder i386, klik ok lanjutkan sampai file yang yang diperlukan selesai terinstal.
5. Setelah itu restart PC atau Komputer anda. Setelah restart masuk menu Control panel >> Regional and languages options lagi
6. Pilih menu Advanced >>> Pada Opsi Code page conversion tables >>>centang kotak pada 1004 (mac-arabic) atau centang bahasa lainnya yang ingin ada tambahan seperti font Jepang, Korea, chinese dan font lain yang anda butuhkan. Kemudian klik aplly.
7. Kemudian klik menu languages, klik detail pada opsi Text services and input languages .
8. Pada input languages Pilih arabic (saudi arabia) atau arabic lainnya tergantung jenis huruf arab yag anda inginkan.
9. Pada Keyboard Layout pilih Arabic(101) atau Arabic (102) dan klik ok
10. Kemudan pada opsi preferences klik key setting pilih opsi hot keys for input languages >>> switch between input languages > change Keys Silahkan pilih opsi yang anda inginkan dan klik ok.
11. Untuk tampilkan menu language di dekstop anda klik language bar, dan centang pada opsi show menu language bar on dekstop.
12. Pengaturan ini dimaksudkan sebagai hot keys antara perpindahan bahasa pada saat anda ingin menggunakan bahasa / font default ke bahasa lain ( Arabic)

Bila langkah diatas sudah selesai dilakukan maka anda bisa menuliskan huruf arab pada Microsoft Office Word. Pada saat anda akan menuliskan karakter font atau huruf arab, terlebih dulu anda tekan Hots Keys yang anda pilih di atas atau juga bisa menukar bahasa penulisan atau font pada language bar ( Tampil language bar pada dekstop ) centang language yang ingin anda pergunakan.
Untuk memudahkan penggunaannya dalam pengetikan di MS Word disarankan anda menggunakan keyboard yang dilengkapi dengan font arabic. Banyak di toko komputer yang menjual keyboard arabic. Tapi kalau tidak ada keyboard arabic, jalan satu-satunya yaitu dengan menghafal semua tombol keyboard.
Untuk memudahkan dalam menghafal tombol-tombol itu berikut ini saya sudah buatkan layout keyboard font arab, silahkan didownload cukup dengan mengklik link dibawah ini:
Semoga bermanfaat.

4 komentar:

  1. waduh ntr tmbh gak ngrti dunkz sob klo bhs arab. he..he..
    tp thnks dah bagi2 info

    BalasHapus
  2. Wah menarik nih inpo....terus berkarya sob.....

    Oh ya salam kenal n sukses selalu...

    Oh ya anda sudah saya follow...follow balik ya??hehe...

    BalasHapus
  3. @odonk's,
    sama-sama

    @Najibblog2010,
    makasih and selamat datang di blog brugkembar, pasti saya follow blog anda.

    BalasHapus
  4. Anonim21.2.11

    Gan, ijin copas ya gan? maklum newbie bodoh bisanya cuma copas.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.