13 April 2010

Membuat blog sederhana Namun Menarik


Begitu banyak blog yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Banyak pula ragam dan modelnya dari yang sederhana sampai yang meriah banyak pernak-pernik di dalamnya. Pada kesempatan ini saya ingin sharing kepada pembaca mengenai tips membuat blog yang sederhana namun menarik.

Ini dia tipsnya :
  1. Gunakan template standar, dengan template standar dapat mempercepat proses loading sehingga pengunjung tidak kelamaan menunggu saat hendak membuka blog kita. Banyak pakar blogger mengatakan, seach engine lebih cinta terhadap blog yang memakai template standar.
  2. Modifikasi seperlunya; Blogspot memberikan fitur yang terbatas tidak sebanyak wordpress. Ini sebetulnya bentuk salah satu kebijaksanaan blogger kepada kita agar kita bebas berkreasi. Sehingga kita bisa mengksplore kemampuan kita untuk mengembangkan blog itu sendiri.

Modifikasi itu dapat diwujudkan dengan cara memasang elemen-elemen yang diperlukan untuk melakukan aktivitas blog.
Elemen yang wajib dipasang menurut versi brugkembar itu antara lain :
  1. Membuat Konten yang unik dan menarik
  2. Memasang Tab View, Tab view yang dipasang di bawah header merupakan navigasi pengarah jalan bagi pengunjug yang ingin mengekspolasi blog anda.
  3. Menu Breadcrumb adalah sebaris tautan internal pada bagian atas atau bawah laman yang memungkinkan pengunjung untuk menavigasi balik ke bagian sebelumnya atau ke laman dasar dengan cepat.
  4. Readmore (baca selengkapnya), Dengan mengaktifkan fungsi readmore bisa menghemat tempat pada halaman web.
  5. Related Post (Artikel terkait), Memperkenalkan artikel yang tergabung dalam satu kategori / label.
  6. Memodifikasi komentar, baik kata-katanya, tempat bagi komentator, maupun tampilan kotak form untuk memasukan kalimat komentar.
  7. Mengaktifkan halaman statis; Halaman yang tidak tertemukan seach engine sebelum diklik alamat linknya.
  8. Tukar link; Untuk memperkenalkan blog kepada blog lain.
  9. Recent comments (Komentar terbaru), Setiap ada pengunjung yang memberi komentar pada blog akan segera diketahui melalui gadget recent comments.
  10. Recent posts, Optimalkan fungsi recent post untuk membuat daftar isi blog.
  11. Menyediakan kotak berlangganan artikel melalui email.
  12. Memasang widget pemantau pengunjung blog untuk mengetahui banyaknya pengunjung yang sedang membuka blog kita pada saat sekarang.
Setelah semua sudah dilaksanakan, sekarang mulailah kunjungan ke blog orang lain dan selalu memberi komentar yang baik. Jangan terbawa emosi yang dilontarkan pengomentar yang tidak bertanggung jawab. Pergunakan bahasa yang sopan dan mudah difahami dalam berkomentar. Dengan begitu blog kita akan dengan sendirinya disenangi oleh pengunjung. Demikianlah tips sederhana untuk membuat blog yang sederhana namun menarik.

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.