Berbagai Aplikasi Pengolah Angka

Saat ini ada berbagai jenis aplikasi pengolah angka yang banyak digunakan dengan variasi kemampuan dan fitur –fitur yang dimiliki, system operasi yang digunakan, dan harga jual yang ditawarkan. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa aplikasi pengolahangka yang umum digunakan, kelebihan dan kekurangannya.


KSpread
KSpread merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform. Open source berarti kita dapat mendownload aplikasi secara gratis dari internet dan menggunakannya secara bebas. Multiplatform artinya dapat dijalankan di berbagai system operasi, baik itu windows, Linux, maupun system operasi lainnya. KSpread dikeluarkan bersama-sama dengan paket KOffice lainnya. Kita dapat mendownload aplikasi tersebut dari internet dengan alamat URL www.koffice.org.

Kelebihan KSpread yaitu :
  • Tampilannya yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol sehingga mudah digunakan.
  • Dilengkapi dengan berbagai kemampuan dan fitur-fitur yang dibutuhkan dari sebuah aplikasi pengolah angka.
  • Dilengkapi dengan kemampuan untuk menggunakan banyak table dan lembaran kerja dalam satu dokumen.
  • Mempunyai banyak format grafik.
  • Dilengkapi dengan lebih dari 100 fungsi untuk melakukan operasi perhitungan.
  • Mempunyai kemampuan untuk mengurutkan data.

StarOffice calk

StarOffice calk merupakan aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Sun Mycrosystem. StarOffice calk bersifat multiplatform dan dikeluarkan bersama-sama dengan paket StarOffice lainnya. StarOffice calk didesain dengan memperkirakan intuisi dari penggunanya sehingga orang yang tidak terbiasa menggunakan aplikasi pengolah angka tidak akan mengalami kesulitan untuk menggunakan aplikasi ini.

Kelebihan StarOffice calk yaitu :
  • Kemampuannya untuk mengenali dan mengklarifikasi data yang ditempatkan di lembaran kerja dan membantu penggunaknya untuk membuat grafik dari data tersebut sehingga lebih mudah dikomunikasikan dengan orang lain.
  • Dapat mengkonversi file yang dihasilkannya menjadi dokumen Microsoft excel.

OpenOffice Calc.
OpenOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat opensource. Selain gratis, kelebihan lain dari aplikasi OpenOffice Calc adalah dapat dijalankan di berbagai platform system operasi seperti windows, linux, solaris, dan Mac OS. OpenOffice Calc didistribusikan bersama-sama dengan paket OpenOffice yang lain. Kita dapat mendownload aplikasi tersebut dari www.openoffice.org.

OpenOffice Calc memiliki tampilan jendela yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar dan didesain untuk mudah digunakan.


GNOME Office – Gnumeric
GNOME Office – Gnumeric adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office. GNOME Office – Gnumeric bersifat open source sehingga dapat didownload dan digunakan secara bebas.

Kelabihan GNOME Office – Gnumeric :
  • Memiliki tampilan yang user friendly dimana jendela GNOME Office – Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.
  • Dilengkapi dengan Help untuk mencari bantuan.

GNOME Office – Gnumeric merupakan aplikasi pengolah angka berkualitas tinggi yang dikembangkan dalam proyek GNOME Office. GNOME Office – Gnumeric didesain untuk menggantikan aplikasi pengolah angka komersial yang ada pada saat ini. Karena itu GNOME Office – Gnumeric dilengkapi dengan hamper semua kemampuan dan fitur-fitur yang diharapkan dari sebuah aplikasi pengolah angka.

Abacus
Pengolah angka yang tidak kalah bagusnya adalah Abacus. Abacus menjadi pelopor bagi kemunculan pengolah angka yang lain.


Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Nama abacus diambil dari alat perhitungan kuno yang digunakan pada zaman Yunani kuno dan Romawi kuno dan juga masih digunakan sampai saat ini di china. Awalnya, abacus dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal, di bawah bimbingan Prof. Arlindo Olivera.

Abacus memiliki tampilan yang dilengkapi menu-menu, tombol-tombol toolbar, dan scroll bar yang membuat Abacys mudah untuk digunakan. Abacus juga dilengkapi dengan kemampuan dan fitur-fitur standar dari sebuah aplikasi pengolah angka.

XESS
XESS adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh AIS (Applied Information System – www.ais.com) dan dapat dijalankan di computer dengan system operasi UNIX, Linux, Open VMS, dan Windows. XESS dikeluarkan dalam dua versi, yaitu versi enterprise dan versi Lite. Versi Enterprise dibuat untuk pengguna di tingkat perusahaan sedangkan versi Lite ditujukan untuk pengguna perorangan.

Untuk penggunaan di tingkat enterprise, XESS dikeluarkan dengan tiga macam pilihan yakni XESS yang dilengkapi fungsi-fungsi standard an kompetebel dengan Lotus dan Excel, XESSPlus yang dilengkapi dengan kemampuan menggunakan Macro Add-Ins, dan XESSSDK yang dilengkapi dengan fasilitas untuk melakukan pemrograman.
Kelamahan yang dimiliki XESS adalah harganya yang sangat mahal.
XESS dengan fungsi standar dijual dengan harga $495 dan XESSPlus dijual dengan harga $595. Bandingkan dengan Microsoft Excel yang dijual dengan harga $229.

Lotus 1-2-3
Lotus 1-2-3 merupakan pengolah angka yang dikeluarkan oleh IBM, dikeluarkan dalam satu paket bersama-sama aplikasi Office lainnya dan dikenal dengan nama Lotus SmartSuite.
Aplikasi yang termasuk dalam paket Lotus SmartSuite adalah :
- Lotus Word Pro
- Lotus 1-2-3
- Lotus Freelance Graphics
- Lotus Approach
- Lotus Organizer
- Lotus FastSite, dan
- Lotus SmartCenter.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat dijalankan di computer berbasis windows.
Lotus 1-2-3 merupakan aplikasi yang paling tua.

Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corp., perusahaan perangkat lunak terbesar di jagat ini. Microsoft Excel hanya dapat dijalankan di system operasi windows dan tidak pada system operasi lain. Microsoft Excel dijual satu paket dengan aplikasi Office lainnya dari Microsoft dan memiliki fitur-fitur yang user friendly. Jendela excel juga dilengkapi dengan Task Pane yang memungkinkan pengguna mencari bantuan dari Help Excel maupun bantuan secara online. Karena itu Microsoft Excel banyak digunakan.