20 Desember 2009

Modifikasi Handphone

modifikator
Perkembangan teknologi tak bisa dibendung, tak bisa dipungkiri dalam kehidupan manusia sehari-hari, setiap waktu, jam, menit, maupun detik tak lepas dari apa yang namanya teknologi dari mulai bangun tidur sampai menjelang tidur lagi. Dampaknya sangat dirasakan bagi manusia baik itu dampak positip hingga negatifnya, sehingga kalau kita tidak mempersiapkan diri dengan membentengi dengan iman maka akan terhanyut oeh dampak negatif dari iptek itu sendiri.

Handphone (selanjutnya disebut HP) merupakan salah satu dari hasil perkembangan iptek di bidang komunikasi yang telah mengalami evolusi berbagai tahap. Hampir setiap minggu muncul HP yang memanjakan penggunanya dengan berbagai fitur tidak cuman buat SMS dan nelpon saja tapi bisa juga buat keperluan yang lain seperti foto, film, lagu, facebook, internet dan masih banyak yang lainnya.

Karena banyaknya tipe dan model HP di pasaran sehingga konsumen dibuat bingung mau beli HP dengan tipe / model yang seperti apa.  Di sebuah Daerah ada sekelompok remaja yang tergabung dalam club motor telah berhasil memodifikasi HP yang dipadukan dengan barang-barang bekas, dan hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut ini ;

handphone dimodifikasi

"Karena banyaknya model / tipe HP yang dijual di conter2 sehingga konsumen dibuat bingung memilihnya, kami berusaha menciptakan model HP yang unik dari hasil kreatifitas yang kami miliki" demikian kata-kata yang terlontar dari mulut sang kreator. HP unik modifikasi ini tidak membutuhkan banyak biaya karena menggunakan barang-barang bekas.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan :
a. Bahan,
  1. pesawat HP ( Handphone )
  2. Lakband / solasi / plester
  3. botol bekas / kaleng bekas / tempat minuman anak TK
  4. busa

  5. loudspeaker ukuran kecil

b. Alat, 1. alat pemotong ( gunting / cutter dan lain-lain ) Cara Pembuatan :
  1. botol bekas dilubangi sesuai dengan ukuran panjang dan lebar HP
  2. masukkan busa padat kalau tidak ada bisa diganti dengan busa biasa atau kain halus, fugsinya buat mengganjal sehingga HP tidak goyang, fungsi yang lain adalah sebagi penghasil nada bass apabila musik dimainkan.
  3. letakkan HP pada lubang yang telah dibuat lalu dilakband.
  4. Agar lebih menarik bisa ditempeli stiker gambar / tulisan yang lucu
Untuk memodifikasi suara menjadi lebih ngebass, langkah2 nya :
  1. cassing HP bagian belakang dilubangi untuk memasukkan kabel, jangan lupa ganti cassing belakang dengan cassing yang imitasi, sehingga cassing aslinya tidak rusak.
  2. hubungkan loud speaker tambahan melalui kabel  kecil dengan speaker HP dan disolder.
  3. tempatkan loud speaker tambahanditempat yang strategis, pilih tempat yang bisa menghasilkan suara yang bagus.
  4. selesai
PERINGATAN! : apabila tidak berani menyolder atau memasang speaker sendiri, mintalah bantuan tukang servis HP atau elektronik.

Nah sekarang anda punya HP yang unik dan lucu hasil kreasi sendiri.
selamat berkreasi.

1 komentar:

  1. Anonim24.12.09

    trus kalo buat terima telpon gimana megangnya?wkwkwkwk

    BalasHapus