17 Mei 2011

Forgusta dirikan SMK Grafika

Yayasan Forgusa atau Forum Guru Sekolah Swasta di tahun 2011 ini mendirikan sebuah sekolah menengah kejuruan (SMK) di kawasan Dukuhturi Kabupaten Tegal.

Fatah Yasin sebagai ketua YAPENTA (Yayasan Pendidikan Forgusta) ternyata sangat peduli dengan perkembangan pendidikan yang kini semakin menuntut skill di kalangan generasi muda. Sudah saatnya generasi muda dibekali keterampilan guna menghadapi tantangan zaman.

Ini sesuai dengan visi misi SMK Grafika yakni sebagai SMK yang handal, berkualitas, mampu bersaing dan terdepan, menghasilkan tamatan yang berdaya saing tinggi dan memiliki kemampuan berwirausaha.

Tidak tanggung-tanggung beliau mendirikan dua sekolah sekaligus, yaitu SMK Grafika 1 dan SMK Grafika 2. SMK Grafika 1 beralamat di Jalan Jajar Sari No.39 Dukuhturi Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Keberadaan SMK Grafika 1 Dukuhturi ini mendapat sambutan hangat dari berbagai pihak terutama dari Pemerintah Desa Dukuhturi menjadi suatu nilai plus bagi Desa. Karena dengan adanya SMK Grafika Dukuhturi berbagai kemajuan diharapkan segera digapai. Kawasan yang semula sepi seakan mendapat nafas kehidupan, dan tentu akan berimbas pada pola hidup masyarakat menjadi lebih maju, terpelajar, serta desa menjadi sorotan masyarakat.

Yayasan Forgusa dalam menentukan lokasi untuk sekolah sangatlah tepat, karena untuk kawasan Kecamatan Dukuhturi belum ada SMK Swasta. Sementara ini baru ada satu SMK Negeri, yaitu SMK Negeri 1 Dukuhturi. Itu pun lokasinya di Desa Karanganyar, dan agak jauh dari lingkungan masyarakat Dukuhturi pada umumnya. Jurusan yang dibuka oleh SMK Grafika 1 ada dua yakni :
  1. Bidang Studi Keahlian : Teknologi dan Rekayasa Progdi Keahlian Teknik Otomotif
  2. Bidang Studi Keahlian : Bisnis dan Manajemen Program Study Akuntansi
Sedangkan SMK Grafika 2 letaknya di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal. Prgram Studi yang dibuka adalah Teknik Komputer dan Jaringan.
Suat prestasi dan kebanggan tersendiri bagi Guru-guru Swasta di Kabuaten Tegal karena melalui organisasi guru swasta (Forgusta) telah berhasil mendirikan sebuah lembaga pendidikan formal.
Semoga dengan kemajuan ini dapat mampu mengangkat citra pendidikan pada umumnya dan kesejahteraan guru-guru swasta pada khususnya.

Penulis :
Alip Hadi Mujiono
Guru SMP NU 02 Dukuhturi Kab.Tegal

1 komentar:

  1. Smk grafika menyiapkan generasi muda yang siap mandiri, makasih infonya :)

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.