05 October 2012

Mengatur posisi video di dalam posting Blogger

Ketika kita memasang video di dalam postingan blogger maka secara default blogger akan mengatur posisi video selalu di tengah postingan. Kondisi ini jelas sangat tidak enak dilihat karena banyak ruang kosong di samping kiri atau kanan video itu. Jika dalam postingan tersebut hanya berupa video saja mungkin posisi video tengah area posting memang itu yang diharapkan.

Tapi apabila postingan itu ada artikelnya maka posisi video di tengah menjadi kurang enak dilihat. Akan lebih asyik dipandang mata jika video kita atur posisinya agar menepi di kiri atau kanan artikel.

Sebagian blogger pemula mungkin tidak begitu mempedulikan akan hal ini, karena sudah memasangnya di blog dan bisa diputar saja sudah lumayan.

Namun ada hal terpenting bagi pengelola blog yang ingin memanjakan pembacanya sehingga keteraturan dan keserasian tampilan blog termasuk tata letak gambar atau video pun menjadi sangat perlu untuk ditertibkan.

Cara mengatur posisi video agar berada di tepi kanan atau kiri adalah sebagai berikut:

1. Pastikan memposting dalam mode HTML

2. Setelah meng-upload video di dalam posting blogger, akan didapat kode seperti ini :
<div class="separator" style="clear: both; text-align: center;">
<object width="320" height="266" class="BLOGGER-youtube-video" classid="clsid:D27CDB6E-AE6D-11cf-96B8-444553540000" codebase="http://download.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=6,0,40,0" data-thumbnail-src="http://i.ytimg.com/vi/8hG9N4wpjvw/0.jpg"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/8hG9N4wpjvw?f=user_uploads&c=google-webdrive-0&app=youtube_gdata" /><param name="bgcolor" value="#FFFFFF" /><embed width="320" height="266" src="http://www.youtube.com/v/8hG9N4wpjvw?f=user_uploads&c=google-webdrive-0&app=youtube_gdata" type="application/x-shockwave-flash"></embed></object></div>

3. Perhatikan Kode yang berwarna merah, jika menginginkan letak video di kiri artikel, ubah kode tersebut menjadi seperti ini:
<div class="separator" style="float:left;text-align:left;margin-right:10px">

4. Apabila menginginkan letak video di kanan artikel, ubah kodenya menjadi seperti ini:
<div class="separator" style="float:right;text-align:right;margin-left:10px">

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.