01 Juni 2011

Ganti Favicon blog sekarang lebih mudah

Sobat blogger tentu sudah tau yang namanya icon, kalau belum tau saya jelaskan sedikit apa itu icon dan bagaimana cara mengganti icon blogger.
Icon atau Favicon adalah sebuah gambar kecil sebagai logo yang memberikan cirri khusus pada sebuah web blog.

Agar lebih jelas jika sobat menggunakan browser firefox, di bagian address bar di situ ada sebuah logo kecil yang berada di sebelah kiri alamat url yang sedang dibuka atau dikunjungi.
cara-ganti-favicon
Gimana, sudah jelas…..?
Favicon bawaan blogger sebelum diganti bergambar huruf B berwarna orange. Sebetulnya tidak usah diganti juga tidak apa-apa, Cuma menurut saya akan lebih asyik lagi jika diganti dengan gambar icon milik sendiri karena ada rasa kebanggan tersendiri.

Dulu ketika pertama kali aku membuat blog begitu susahnya mengganti favicon diperlukan kode yang sedikit rumit serta harus mengupload gambar yang akan dijadikan favicon. Belum lagi harus mengobok-obok template html yang sangat menyita waktu.

Kini Blogger lebih maju, banyak kemajuan serta fitur-fitur yang sangat mudah diaplikasikan sehingga bagi pemula yang baru mengenal blogpun tidak akan mengalami banyak kesulitan seperti dulu.
Salah satu kemajuan blogger dalam melayani cliennya adalah tersedianya widget untuk mengganti favicon. Kita bisa dengan mudah mengganti favicon dengan gambar apa saja yang kita inginkan.

Namun ada satu syarat yang tidak boleh dilupakan, yakni gambar harus berukuran maksimal 1.0 kb. Format gambar yang didukung adalah gambar jpg, gif, png, ico. Sangat disarankan memakai gambar dengan format ico.

Nah kalau persyaratan sudah dilengkapi, saatnya kita mengganti icon blog.
1. Pertama harus masuk ke draft blogger (http://draft.blogger.com)
2. Lalu klik Design --> Page elements
3. Setelah itu lakukan sesuai petunjuk gambar seperti di bawah ini :

ganti-favicon dengan mudah

mudah-ganti-favicon

mengganti-favicon

Kini Favicon sudah berubah setelah diganti dengan gambar icon milik sendiri

ganti-favicon

Begitulah cara mengganti icon blog dengan gambar kita, lebih mudah dan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.